Rabu, 20 Juli 2011

Aku sehat dengan ISLAM !!!



Sehat? Sebetulnya apa sih definisi dari sehat itu sendiri jika dihubungkan dengan manusia ? jika diizinkan untuk mengartikannya sehat adalah suatu keadaan dimana kesucian jasmani manusia terjaga (jika dilihat secara fisik) , maksudnya kesucian disini merupakan sebuah pengertian bahwa terpeliharanya apa-apa yang memang telah Allah Swt anugerahkan kepada manusia . seperti ketika kita dilahirkan kita memiliki mata , telinga yang setiap harinya harus kita bisa jaga salah satunya dengan melakukan perawatan , kalau telinga harus sering dibersihkan dengan pembersih telinga dan mata bisa dengan memakai kaca mata agar mata kita tak mudah termasuki oleh kotoran-kotoran yang ada di udara . Jika kita ingin hidup sehat berarti kita telah menghargai apa yang telah Allah Swt berikan kepada kita karena Allah Swt menciptakan kita dengan sebaik mungkin . ISLAM sudah mengajarkan pentingnya menjaga kesehatan tubuh ini dan sebuah kesehatan selalu berhubungan dengan kebersihan diri . Orang yang sehat selain menjaga kesehatan dirinya juga menjaga kebersihan lingkungan tempat dia menjalani hidup , dari bersih itulah bisa mewujudkan sebuah kesehatan yang hakiki . Maka dari itu ada sebuah hadist yang sudah sangat akrab di telinga , mata dan mungkin mulut kita bahwa “Kebersihan sebagian dari Iman” , pernyataan tersebut seolah-olah telah menjadi sebuah slogan umum di masyarakat . Bila kita mau melihat ternyata banyak juga pelajaran-pelajaran kesehatan yang bisa kita dapatkan dalam ISLAM :

1.Ibadah : Hem.. sebuah hal yang sudah pasti akan kita lakukan setiap harinya . Dalam Ibadah kita dituntut untuk selalu dalam keadaan suci khususnya secara jasmani . Wudhu adalah salah satunya selain itu ada Bersiwak yang biasanya memakai kayu gaharu dan ada sebuah aturan yang mewajibkan kita untuk melakukan mandi wajib ,semuanya itu dilakukan sesuai dengan tuntunan sunnah dari Rosullulloh Saw bahkan dalam sholat kita sendiri pun itu juga akan menyehatkan kita dan adanya puasa meskipun membuat kita lapar tapi jika kita lakukan dengan cara yang baik yaitu dengan melakukan sahur dan buka yang cukup ternyata juga menyehatkan kita ..Hemm..Subhnawlah .. LUAR BIASA !!!

2. Waktu : Ingat ayat ini ngak ?? “ Sesungguhnya di dalam silih bergantinya siang dan malam terdapat tanda-tanda kekuasaanNya bagi orang-orang yang berfikir “ . Bagaimana Allah Swt telah mengatur cara hidup kita dengan menjadikan siang untuk waktu kita bekerja semaksimal mungkin dan ketika malam hari untuk waktu kita beristirahat . Jika tidak ada waktu beristirahat ?? Wah..pasti kelelahan akan menimpa kita . Dan dalam sunnah Rosullulloh Saw pun telah mengingatkan kita agar tidak tidur setelah subuh dan Asar , larangan-larangan tersebut ternyata juga penting untuk kita ikuti karena juga akan mempengaruhi kesehatan kita .

3. Makanan : ISLAM agama yang tegas !!! ISLAM telah membagi mana yang HALAL dan HARAM yang HALAL itu pasti yang baik bagi kita . ISLAM memiliki data yang komprehensif tentang makanan yang HALAL kita makan dan mengapa ada makanan yang HARAM sehingga tidak diperbolehka untuk kita makan , didalam ISLAM akan dijelaskan semuanya itu merujuk pada kesehatan tubuh kita juga

4.Cara makan : Rosullulloh Saw pernah menyampaikan bahwa “Makanlah jika benar-benar terasa lapar dan Minumlah jika benar-benar terasa haus “ terus bagaimanakah dengan cara makan kita selama ini ? Hemm… mungkin meskipun tidak benar-benar lapar kita tetap saja makan atau ngemil-ngemil itu hal yang wajar tapi jika tidak terkendali itu juga tidak baik bagi kesehatan kita . Imam Hambali pernah menyampaikan bahwa salah satu akibat dari makan yang berlebihan adalah kemalasan,memberatkan tubuh kita khususnya jika diajak untuk melakukan ibadah atau hal2 yang baik pasti sulit , mengantuk dan menumpulkan otak kita Hayoo..jadi pilih yang mana ? Berlebih-lebihan atau secukupnya ?

5.Kesucian : Seperti yang telah dijelaskan di awal tulisan bahwa ISLAM itu sangat menjaga kebersihan dan lebih luasnya lagi adalah kebersihan lingkungan hidup kita jadi ISLAM juga mengajarkan agar umat islam bisa memiliki rasa perhatian terhadap lingkungan , jika ada kesadaran seperti itu maka sehatlah masyarakat kita ini , jarang timbul penyakit karena masyarakat kita yang sebagian besar adalah beragama ISLAM sudah memiliki kepribadian yang kuat khususnya dalam hal kebersihan

Ternyata ISLAM itu SEHAT ya (saya yang nulis sendiri kok baru ikut nyadar ya ).. Semoga bermanfaat untuk saya dan sahabat-sahabtku semua . Maaf masih banyak kekurangan dalam tulisan saya dan mohon komentar nya ya Syukron .

Muhdi Hadi Al-Fateh (Wildan TR – LKPMI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar