Minggu, 29 Januari 2012

Pemuda yang DIAM !! Pemuda yang MATI




Sudah saatnya mereka yang tua !!! digantikan oleh yang muda !!!

(Soe Hok Gie )

Pemuda memang akan selalu identik dengan manusia-manusia yang berusia muda , kumpulan manusia yang diharapkan bisa lebih baik dari kumpulan manusia (generasi) sebelumnya . Mungkin sering kali kita merenung , berdiam diri sejenak memikirkan tentang jejak-jejak hidup yang selama ini kita arungi . Rangkaian jejak kehidupan yang akhirnya membentuk kita sekarang ini , menjadi PEMUDA !!! , dari siklus kehidupan yang ada bisa dipastikan , selalu terjadi fenomena besar dalam kehidupan manusia , termasuk kehidupan seorang PEMUDA !!! , dan fenomena yang dimaksud adalah PERUBAHAN!!! . Bumi yang dulu , dengan bumi yang sekarang pastilah berbeda . Maka sama dengan PEMUDA !!! mereka (para PEMUDA) akan mengalami proses PERUBAHAN!!! dalam nafas hidupnya ,sehingga bila Albert Einsten menemukan dan mencanangkan Teori Relativitas , maka bisa saja kita ikut mencetuskan teori baru , yaitu Teori PERUBAHAN . Sebuah teori besar yang pasti berlaku pada tiap individu dan makhluk di bumi ini .

Masa-masa hidup PEMUDA!!! Adalah masa-masa dimana gerak PERUBAHAN!!! terjadi , entah itu perubahan besar atau hanya hal-hal kecil yang dipandang tidak penting . Banyak PEMUDA!!!-PEMUDA!!! yang luar biasa , tak ada gaji besar yang akan mereka dapat , tapi karena mereka PEMUDA !!! , maka mereka sadar akan eksistensi diri sebagai seseorang yang masih memiliki banyak waktu , dengan dibekali kemampuan yang ada ,untuk merubah DUNIA!!! . Newton seorang ilmuwan muda , yang dianggap sebagai murid sekolah yang tidak pandai dan sering melamun , dan sejak kecil sudah harus ditinggalkan mati oleh ayah tercintanya , sehingga ibunya (Hannah) harus bekerja keras membesarkan Newton kecil . Ketika kuliah di Cambridge University , dengan umur yang muda 18 tahun . Newton sudah mulai menunjukkan kapasitasnya sebagai Tokoh Dunia!!! , kebiasaannya suka membaca sejak kecil terbawa sampai dia beranjak dewasa . Perpustakaan Cambridge bagaikan “Gudang Emas” yang tak ternilai harganya , maka Newton berusaha semaksimal mungkin untuk menyerap semua ilmu pengetahuan yang ada . dan penemuan terbesarnya adalah Teori Gravitasi , sebuah teori yang ditemukan dari hal sederhana , yaitu jatuhnya apel di atas kepalanya .

PEMUDA !!! seperti Newton hanyalah bagian kecil dari deretan PEMUDA EMAS PERADABAN !!! , masih ada lagi seorang pemuda yang lahir juga telah dalam keadaan yatim , dan besar sebagai pedagang sukses di usia MUDA!!! , Beliau adalah Rosulullloh Muhammad Saw , apa yang dilakukan beliau melebihi apa yang dilakukan Newton , yaitu terbentuknya Peradaban Baru Manusia , Peradaban yang akan bertahan sampai akhir zaman yaitu Islam , dari Islam lahirlah ilmuwan-ilmuwan unggul yang mewarnai zaman (Ibnu Sina,Ibnu Rusdy,Al-Khawarizmi, dan masih banyak lagi) , dan sekarang pertanyaannya adalah apa yang telah kita perbuat ?? , lebih banyak berdiam diri menghadapi perubahan yang ada ? , atau ikut menyongsong perubahan yang lebih baik ? PEMUDA yang DIAM !!! akan tergilas ganasnya waktu . Diam bukan dalam arti tidak bergerak sama sekali , tetapi bisa ditafsirkan juga adalah banyaknya waktu yang digunakan hanya untuk aktivitas yang tidak “menguntungkan” bagi dirinya . Banyak bangsa-bangsa besar di dunia ini , hancur dan tenggelam !!! karena tidak peduli dengan permasalahan yang sedang dihadapi negaranya .

Bukan saatnya lagi kita sebagai PEMUDA !!! hanya berDIAM diri . Menutup diri dengan berbagai wacana yang terbang mengudara , melintasi ruang dan waktu , yang seharusnya bisa kita tangkap dan ambil manfaatnya . PEMUDA adalah penggerak PERUBAHAN BANGSA !!! . terakhir dalam tulisan ini , saya mohon maaf jika selama ini banyak catatan “kecil” saya , yang salah atau membuat tidak berkenan di hati sahabat-sahabat sekalian . Teruslah tersenyum untuk langkah hidup yang lebih baik . Pemuda Indonesia !! Pemuda Berprestasi!!!

Terima kasih atas perhatiannya , mohon follow up nya juga . Syukron, Merci .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar