Sabtu, 24 Desember 2011

Pemuda dan Masa Depan


Namanya pemuda itu sudah seharusnya banyak berkarya !!! , Namanya pemuda itu sudah selayaknya banyak berfikir tentang lingkungan masyarakatnya !!! , Namanya pemuda itu suka membangun impian dan masa depan yang lebih baik !!! . Setuju !!?? …

Lahirnya Agent of Change bukanlah perkara muda , banyak para pemimpin besar lahir dari tempaan yang sangat keras . Mereka sudah terlalu sering berdiri sendiri , prinsip yang diembannya pun terkadang berbeda dengan kebanyakan orang . Tapi ada satu mimpi yang sudah mereka miliki yaitu impian untuk melakukan yang terbaik dalam kehidupannya . Perputaran sejarah bangsa ini sudah terlalu panjang , dan bila kita telisik bagaimana peran para pemuda ?, luar biasa !!! . Banyak pergolakan perlawanan yang memang dipegang oleh pemuda . kalau kata Rhoma Irama , “Masa muda adalah masa yang berapi-api “ . Masa muda adalah masa-masa emas , waktu dimana kita bisa berkontribusi terbaik dalam hidup ini .

Masih ingatkah kita dengan Film Sang Pemimpi , tentang tiga orang pemuda yang memiliki impian setinggi bintang di langit !!! . Salah satu impian terbesarnya adalah studi lanjut S2 di Sorbone University , Prancis . jika mengutip keterangan yang ada di buku Sukseskan Mudamu!!! ; Strategi 17 Mahasiswa Berprestasi Indonesia . dijelaskan bahwa ada dua keberanian yang seharusnya dimiliki oleh pemuda , yaitu keberanian untuk memiliki impian yang tinggi dan keberanian untuk mengerjakan sesuatu yang berbeda . Berani adalah salah satu kunci sukses pencapaian dan perubahan !!! . Pemuda dan masa depan memang saling terkoneksi . dan negara ini butuh SDM terbaik . Jika kita melihat problematika yang ada dalam generasi muda sekarang ini maka kita akan miris melihatnya . Negeri ini butuh pemuda yang memiliki visi dan misi untuk menatap masa depan yang lebih baik , khususnya untuk kemajuan negara ini . Untuk mencapai momentum 20 tahun ke depan dimana diharapkan saat itulah generasi emas Indonesia tampak dan siap membangun negara ini , maka perlu banyak persiapan . Kalau dalam konteks sebuah organisasi maka perlu sebuah proses kaderisasi . pengkaderan bisa dilakukan mulai dari diri kita sendiri untuk selalu meningkatkan kapasitas diri . Diri kita adalah pemimpin negeri ini , jadi bukan lagi calon pemimpin karena mulai sejak hari ini kita adalah pemimpin dan sudah bisa menentukan banyak kebijakan tentang langkah-langkah untuk membangun negeri ini , selain itu dengan pencapaian-pencapaian prestasi terbaik yang bisa memberikan kontribusi terbaik untuk negeri ini . Program seperti Indonesia Mengajar adalah salah satu program dimana para pemuda ditempatkan di daerah terpencil di ujung-ujung nusantara untuk memotivasi dan memberikan pencerahan untuk terus bangkit kepada SDM-SDM muda yang ada di daerah .

Yakinlah Indonesia sudah lebih baik mulai hari ini !!! , indikasi kebaikan tersebut adalah dimana kita sudah mulai berfikir tentang masa depan dan perubahan yang lebih baik untuk negara dan bangsa ini . Teruslah berdaya saing !!!

Group Discussion - Young Leader Forum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar